Sabtu, 29 Januari 2011

Apakah arti Nama YAHWEH
Written by Pdt Lukas Soetrisno (Gembala GAIN, Magelang)|

Ada seseorang yang pernah tanya pada saya, apa sih sebenarnya arti dari Nama YAHWEH? apakah memiliki arti atau hanya sekedar sebuah Nama saja? sama seperti nama Sutrisno memiliki arti "Su" itu artinya baik dan "Trisno" itu berarti Cinta jadi Sutrisno artinya Cinta yang baik, walau memang sebuah nama yang memiliki arti tetap tidak boleh di terjemahkan, menjadi Mr Good Love, tapi Nama bisa saja memiliki arti, contoh lain lagi misalnya saja ada orang yang memiliki nama Eko berarti nama itu memiliki arti Satu, tetapi juga jika ditanya what is your name? si Eko tidak akan berkata my name is one, tapi tetap berkata my name is Eko, karena nama itu tidak boleh diterjemahkan. Lalu apa arti Nama YAHWEH?
Ya memang Yahweh yang terdiri dari 4 huruf Ibrani yaitu YOD, HE, WAW, HE jika ditanya apakah memiliki arti, memang memiliki arti.
Huruf Ibrani sesungguhnya adalah merupakan bentuk gambar yang disederhanakan namun memiliki arti, misalnya saja huruf ALEPH, huruf ini memiliki arti Satu atau Ekhad atau tunggal atau Esa, ALEPH Merupakan Silence Word (Kata yang kadang tidak dibaca – maka suka disebut huruf tenang. sedangkan huruf BETH yang adalah huruf ke dua memiliki arti Rumah, sedangkan GIMEL juga memiliki arti Unta karena memang bentuk huruf menyerupai GAMAL (Camel) atau unta yang lehernya panjang, sedangkan DALET memiliki arti pintu, karena bentuk huruf ini seperti pintu (Dales), begitulah seterusnya, huruf2 Ibrani dari ALEPH sampai TAW memiliki arti. Nah sekarang kita akan melihat arti dari 4 huruf YOD, HE, WAW, HE.
YOD artinya adalah Penciptaan dan Metafisika, YOD juga memiliki arti tangan terbuka menjadi gambaran sebagai tangan Tuhan yang selalu terbuka siap untuk menolong kita dalam segala kesulitan,YOD juga memiliki arti Dia atau He dalam bahasa Inggris sebagai gender laki-laki (Baca juga arti dari YESHUA HAMASIAKH pada menu pengajaran 1 (Nama Tuhannya orang Kristen bukan Yesus Kristus).
HE artinya adalah Sifat ketuhanan (Divinity), Sopan santun (Gentility), Khusus (Specificity) Kitab Talmud menerangkan Tuhan dengan menggunakan huruf Yod dan He (dibaca Yah) sebagai sang pencipta.
WAW artinya adalah Penebusan, Transformasi, Penyelesaian.
Jadi jelaslah sudah kalau Nama YAHWEH itu memiliki arti SANG PENCIPTA ADALAH TUHAN YANG MENEBUS MANUSIA (DARI LUMPUR DOSA).

1 komentar:

  1. YHWH- YAHSHUA HAKODESH WEHADAVAR HALELUYAHSHUA
    YHWH- YESUS MAHAKUDUS FIRMANITU PUJILAHYAHSHUA

    BalasHapus